blog image

Perbedaan Ekspedisi dan Logistik

Ada orang yang mengira ekspedisi dan logistik itu adalah istilah yang sama, karena sering dipakai di sektor pengiriman barang. Di Indonesia sendiri perkembangan sektor ini sangat pesat, terutama sejak maraknya E-Commerce yang menjadi pilihan masyarakat untuk transaksi jual beli.

Tahun 2021 saja industri di bidang ekspedisi maupun logistik juga diprediksi kembali meningkat hingga 12 persen. Tapi apa sebenarnya pengertian kedua istilah tersebut dan apa saja bedanya?

Pengertian Ekspedisi dan Logistik

Dua istilah di atas punya pengertiannya masing-masing. Supaya tidak salah memahaminya Anda bisa mengetahuinya melalui informasi berikut.

Ekspedisi

Ekspedisi secara umum artinya adalah kegiatan berupa perjalanan untuk mencapai sebuah lokasi tertentu. Tujuannya bisa bervariasi, ada yang untuk penelitian maupun menjelajahi sebuah kawasan.

Tapi jika dikaitkan dengan kirim barang maka ekspedisi adalah adalah sebuah perusahaan yang punya kegiatan mengirim barang dengan kapasitas sedang hingga kecil ke berbagai daerah.

Pengiriman dengan jenis layanan ekspedisi, dinilai lebih cepat sampai karena ada pilihan layanan sampai dalam satu hari. Makanya layanan ini sangat populer di kalangan masyarakat.

Karena ada layanan yang mengacu pada kecepatan sampai dan harga yang lebih murah ketimbang layanan lain.

Logistik

Istilah logistik artinya lebih kepada pengelolaan berbagai jenis kegiatan yang berhubungan dengan kirim, pengadaan, penyediaan gudang, hingga menyimpan berbagai jenis barang dengan aturan yang jelas.

Kalau bicara soal logistik, jasa logistik adalah perusahaan yang menyediakan jasa kirim barang, gudang, manajemen, hingga transportasi. Jadi cakupan-nya lebih luas ketimbang ekspedisi.

Perbedaan Ekspedisi dan Logistik

Biar kebingungan Anda tentang dua istilah ekspedisi dan logistik, selanjutnya coba pahami perbedaannya.

Fokus Layanan

Ekspedisi memiliki fokus layanan, untuk kirim berbagai jenis barang dari konsumen personal maupun bisnis ke penerima di berbagai daerah. Fokus ini berlaku untuk semua jenis ekspedisi.

Logistik lain lagi, layanan-nya lebih fokus kepada pemenuhan kebutuhan konsumen skala besar yang bukan hanya soal kirim barang.

Tapi termasuk menyediakan armada untuk mengirim barang, gudang penyimpanan barang, sampai masalah manajemen bidang logistik yang dibutuhkan.

Lokasi Pengiriman

Jasa ekspedisi akan mengirimkan banyak barang dalam sekali pengantaran ke berbagai alamat sesuai Request para pengirim.

Bahkan dalam satu hari bisa mengantar ke ratusan alamat, dengan menggunakan berbagai jenis armada dari kendaraan roda empat hingga roda dua.

Jasa logistik biasanya hanya mengantar ke lokasi dari satu konsumen saja sesuai peta distribusi produk konsumen tersebut.

Biasanya merupakan konsumen dari kalangan perusahaan yang ingin menyalurkan produk ke berbagai lokasi.

Jumlah Muatan

Soal jumlah muatan, ekspedisi membawa muatan dalam jumlah kecil dan dibawa oleh kurir menggunakan berbagai jenis armada.

Biasanya berupa mobil van skala kecil dan motor, dengan rute yang sudah ditetapkan perusahaan ekspedisi.

Logistik, jumlah muatannya saja minimal mencapai 10 ton sampai 50 ton, tentu armada yang dipakai lebih besar. Ada yang menggunakan truk, kapal laut, bahkan pesawat terbang.

Jenis layanan

Ekspedisi hanya memiliki layanan untuk pengantaran barang saja, tanpa menyediakan gudang, alat transportasi, apalagi konsultasi untuk membuat sebuah manajemen logistik yang baik.

Sedangkan logistik memiliki semua itu, ada layanan pengiriman barang, penyediaan gudang untuk barang milik konsumen.

Juga meliputi layanan pengadaan armada transportasi serta konsultan, untuk membantu konsumen membuat sebuah sistem manajemen logistik yang baik dan tepat.

Fokus Konsumen

Konsumen yang menggunakan ekspedisi berasal dari berbagai kalangan, biasanya dikenal dengan sistem pelayanan Business to Consumer.

Beda dengan logistik dengan fokus konsumen-nya pada perusahaan skala menengah hingga besar, dikenal dengan sistem Business to Business.

Salah satu contohnya yang menyediakan sistem untuk ekspedisi dan logistik adalah geloralogistik.com (Ekspedisi murah di Medan).

Mengenal 3 Macam Pengiriman Ekspedisi dan Logistik

Untuk macam-macam pengiriman kategori ekspedisi maupun logistik, secara umum adalah sama. Terbagi atas tiga contoh jasa logistik dan ekspedisi dilihat dari rute pengiriman-nya yaitu:

 

Pengiriman Laut

Kirim barang lewat jalur laut, tergolong murah dan lebih banyak lokasi yang bisa dicapai. Hanya saja soal waktu sampai-nya akan lebih lama, karena tergantung pada kondisi rute laut yang dilewati kapal pembawa barang.

Jika dibandingkan dengan varian pengiriman yang lain, memang akan cukup lama tapi banyak yang memilih rute laut karena harganya yang lebih terjangkau.

Ada beberapa jenis kapal yang biasa digunakan untuk mengirimkan barang lewat ekspedisi maupun logistik, diantaranya adalah kapal cepat, kontainer. Kapal khusus pembawa barang yang juga disebut kapal kargo, dan kapal Pelni.

Pengiriman Darat

Ekspedisi maupun logistik banyak menggunakan pengiriman darat, alasannya karena proses pengiriman lebih mudah, juga tergolong aman soal pengemasan dan pelacakan selama proses kirim. Tapi soal jangkauan pengiriman lebih terbatas yaitu hanya antar provinsi yang ada di satu kepulauan.

Kekurangan yang perlu dijadikan pertimbangan adalah Loading barang di satu truk akan menunggu hingga truk penuh. Biasanya akan butuh waktu lama tergantung banyaknya barang.

Pengiriman Udara

Sedangkan untuk pengiriman udara, menggunakan armada pesawat terbang dengan kelebihan dari segi kecepatan sampai-nya barang dan praktis dari segi prosedur.

Namun pertimbangan yang membuat banyak orang berpikir dua kali untuk pakai rute udara adalah biaya pengiriman yang lebih mahal. Apalagi kalau dibandingkan dengan pengiriman laut dan darat.

Jumlah barang yang bisa dikirim juga terbatas hingga skala menengah saja, karena kapasitas beban pesawat yang juga terbatas.

Di Indonesia ada beberapa armada pesawat komersial yang menjadi andalan jasa ekspedisi maupun logistik, seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan banyak lagi.

Itulah penjelasan lengkap seputar pengertian hingga hal-hal penting lainnya seputar ekspedisi dan logistik. Semoga bermanfaat buat Anda, yang ingin menggunakan layanan tersebut.

Sebagai referensi Anda bisa menggunakan jasa pengiriman barang di Medan, Belawan dan Jakarta seperti Gelora Logistics International yang sudah berpengalaman.

Social Share